Kerja Keras + Tarif Telekomunikasi Murah = Kemampuan Survive

19 Dec 2010

Dewasa ini tingkat persaingan antar individu maupun perusahaan meningkat dengan tajam akibat tingkat dinamika kehidupan yang makin dinamis. Bicara mengenai dinamika kehidupan, tentu tak bisa lepas begitu saja dari satu kata: komunikasi. Makin berkembangnya teknologi untuk memudahkan komunikasi ini kian memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan menjangkau berbagai wilayah. Tulisan singkat saya ini akan menggambarkan betapa dari sudut pandangan saya sebagai generasi muda dinamika kehidupan berputar begitu cepat. Amat berbeda dengan segala yang menjadi contoh dari generasi ayah dan ibu saya. Apakah dinamika yang begitu cepat ini juga diimbangi dengan peniingkatan kualitas kehidupan yang meningkat? Bisa ya,bisa juga tidak.
Kehidupan dengan tingkat dinamika yang begitu tinggi dan membawa tekanan persaingan yang makin tinggi pula, akan membantu mereka yang kompeten makin meraja. Sedangkan mereka yang tidak kompeten,akan tergilas arus karena tidak mampu survive. Apa yang diperlukan oleh masyarakat ini untuk bisa survive? Jawabannya adalah pikiran yang mau terbuka akan kemajuan teknologi dan penerimaan akan perubahan. Lebih khusus disini saya membahas tentang sarana komunikasi. Komunikasi yang kini telah menjadi kebutuhan primer, memang tentunya menjadi syarat mutlak bagi seseorang sebelum berperang dalam medannya masing-masing.

Salah satu berita yang menggembirakan diterima oleh masyarakat Indonesia yang tengah dilanda krisis multidimensional ini adalah penurunan tarif telepon. Saat ini tarif telepon (yang adalah kebutuhan primer sekarang) menjadi amat terjangkau bagi semua kalangan. Harga handphone tidak lagi berjuta-juta sebagaimana sepuluh tahun yang lalu, demikian pula tarif makan handphone tersebut. Kini hanya bermodal mulai dari dua ratus ribu rupiah saja,semua orang bisa memiliki sebuah handphone. Apa yang bisa dilakukan sebuah handphone di hari-hari ini?

Pertama kali saya bergabung dengan XL adalah karena promosi SMS gratis dan telepon murah. Terus terang,promosi XL kala itu benar-benar membuat saya bertemu dengan sahabat-sahabat baik saya yang juga sesama pengguna XL. Bisa dikatakan, kami bersahabat karena kemudahan dan kemurahan komunikasi yang diberikan XL. Senang sekali karena saat ini XL makin murah saja dan makin banyak kerabat kami yang bergabung dalam komunitas XL, makin melancarkan tali silaturahmi kami.

Hal lain lagi yang bisa dilakukan sebuah handphone saya dapati dari hasil pengamatan dan pengalaman saya. Sebagai salah seorang pengguna kartu XL sejak empat tahun yang lalu, saya melihat dan mengamati betapa XL sebagai pelopor tarif GSM termurah (yang hingga kini terus berupaya meningkatan kualitas layanan dan kemudahan pada pelanggannya) menjadi pelopor ide kreatif yang ternyata mempunyai dampak yang cukup besar di masyarakat Indonesia.
Saya akan berikan beberapa contoh nyata:

1. Layanan Delivery
Sebagai seorang mahasiswa yang malas memasak, saya sangat mengandalkan handphone saya untuk mendapatkan makanan. Dengan handphone, saya cukup menelepon atau sms para penjual makanan untuk mengirimkan makanan yang saya inginkan. 30 menit kemudian,makanan tersebut sudah bisa saya nikmati. Hal ini juga berlaku bagi banyak produk,misalnya fashion,termasuk tukang sol sepatu, dan media/digital. Tetapi yang paling saya dapat lihat dan rasakan dampaknya adalah terhadap mereka yang menjalankan usaha rumahan (UKM) di bidang makanan. Penjual bakso, Nasi goreng, Mie Pangsit, Siomay, semuanya bisa dipanggil melalui beberapa kali memencet tombol saja. Merekapun mendapat pangsa pasar yang lebih luas melalui promosi mouth to mouth yang terjadi kemudian dan usahanya dapat terus berjalan. Banyak pula rumah makan yang memanfaatkan murahnya tarif telekomunikasi ini sebagai strategi pemasaran jemput bola yang pada akhirnya semakin membesarkan rumah makan mereka. Uniknya, kebanyakan penjual-penjual ini adalah pengguna XL karena memang komunikasi mereka dengan konsumen menjadi jauh lebih murah dengan adanya XL.

2. Sarana Promosi
Murahnya tarif telekomunikasi diimbangi dengan makin murahnya pula akses komunikasi melalui media data atau internet. Dengan biaya yang terjangkau, banyak usaha kecil dan menengah yang memanfaatkannya untuk membuat bisnis online / toko online dan mempromosikan dagangan mereka melalui internet. Lihat saja maraknya iklan di facebook saat ini. Sama seperti strategi jemput bola, menggunakan media data untuk promosi ini memungkinkan para usahawan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas yang kemudian berdampak pada meningkatnya penjualan mereka. Dengan 99 ribu sebulan untuk akses internet tanpa batas dalam genggaman, siapa yang akan menolak?

3. Bonus yang berguna
Masih terkait media data sebagai sarana promosi, hari-hari ini begitu banyak toko online / brand tertentu yang sedang dalam tahap mencari pangsa pasarnya mengadakan berbagai macam kuis berhadiah. Kondisi ini kemudian memunculkan golongan masyarakat yang disebut quiz hunter dan saya pribadi, sebagai salah seorang quiz hunter merasakan bahwa bonus yang saya terima benar-benar berguna untuk saya. Saya pernah menerima sebuah flashdisk tepat di kala flashdisk saya rusak. Pernah pula menerima sebuah buku Creative Junkies yang membuat saya makin bersemangat untuk mengembangkan kreativitas saya.

Masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh murahnya tarif telekomunikasi (khususnya yan diberikan XL pada pelanggannya) sebenarnya,tetapi dari tiga hal ini (yang paling saya lihat dan rasakan dampaknya) saya berkesimpulan bahwa:
“Pada akhirnya, bagi siapapun yang bersedia terbuka pada kemajuan jaman dan teknologi, kemurahan tarif telekomunikasi di Indonesia jelas menjadi salah satu leverage dalam peningkatan kualitas hidup. “

Sementara bagi para provider, tentu alangkah amat baiknya apabila seiring dengan meningkatnya profit perusahaan, meningkat pula jangkauan social responsibility nya agar tak lagi kita temukan berita pemulung yang mati kelaparan,dll. Dengan begitu,kemudahan dan peningkatan kualitas hidup tak hanya dirasakan sebatas oleh pemilik dan karyawan provider serta konsumen, namun juga menjangkau kalangan yang selama ini tidak terpelihara oleh pemerintah kita. Maju terus XL! Tingkatkan kualitas hidup warga Indonesia dengan layanan terbaikmu.


TAGS


-

Author

Follow Me